PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Authors

  • Ahmad Afan Zain Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55352/maqashid.v2i2.269

Keywords:

Service Quality, Customer Satisfaction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen secara bersama - sama maupun parsial serta untuk mengetahui indikator dari variabel bebas yang berpengaruh paling dominan terhadap kepu asan konsumen di “Warung Bek Mu 2” Nasi Pecel Khas Lamongan Pantura. Indikator variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah keberwujudan, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati dan variable terikat dalam penelitian ini adalah kepuasan ko nsumen. Penelitian ini dilaksanakan di “Warung Bek Mu 2” Nasi Pecel Khas Lamongan Pantura. Populasi sampel yang digunakan adalah konsumen “Warung Bek Mu 2” Nasi Pecel Khas Lamongan Pantura. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden. Berdasarkan hasil Uji F pada penelitian ini menunjukkan sig. F 0,000<0.05 yang berarti indikator variabel Kualitas Pelayanan yang terdiri dari keberwujudan, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara bersama - sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa indikator variabel Kualitas Pelayanan yang terdiri dari keberwujudan, keandalan, daya tanggap, dan empati secara parsial memili ki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa indikator daya tanggap (X3) memiliki pengaruh yang paling kuat dibandingkan dengan indikator variabel lainnya, maka indikator variabel daya tanggap (X3) mempunyai p engaruh yang dominan terhadap kepuasan konsumen .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Fandy. 2007.

Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality)

Dalam

Meningkatkan Kepuasan

Konsumen (Studi pada Konsumen Rumah Makan

Maibu

Malang).

Skripsi. Fakultas

Ilmu

Administrasi Universitas

Brawijaya Malang.

Akbar, Muhammad. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi

Pada Pengunjung Wisata

Kampung

Kidz Kota Batu). Skripsi.

Fakultas

Ekonomi dan

Bisnis Universitas Brawijaya Malang.

Bachtiar. (2011). Analisa Faktor

-

Fakt

or yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa dalam Memilih Politeknik Sawunggalih

Aji Purworejo. Dinamika Sosial Ekonomi Vol 7 No. 1.

Damardjati, R.S. (1995). Istilah

-

Istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Ermawati, Wahyu Putri. 2010.

Pengaru

h Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah

Makan Saboten Shokudo Malang.

Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Malang.

Gronroos, C. dan J. Edvardsson. 2001.

Service Management and Marketing:

Managing

the Moment of in

Service Competition

. Lexington: Massachusetts.

Tjiptono, Fandy. 2007.

Strategi Pemasaran

Edisi

Kedua. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Andi

Offset

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra.

Service Quality & Satisfaction

Edisi

ketiga.

Yogy

akarta: Andi Offset.

Kaloh. 2007.

Mencari Bentuk Otonomi Daerah.

Jakarta: Rineka Cipta.

Kotler, Philip. 2009.

Manajemen Pemasaran

Edisi Milenium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok

Gramedia

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012.

Marketing Management.

Edisi

Global Edition.

Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012.

Prinsip

-

Prinsip Pemasaran

Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kristiono, Mardikanto. 2015.

Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Jakarta: Gramedia.

Laksana, Fajar. 2008.

Manajemen Pemasaran.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lovelock H, Christopher. 1992.

Managing Service : Marketing, Operations, and Human Resources.

Second Edition. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.

Supranto, J. 2006.

Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan

Untuk Menaikkan Pangsa Pasar.

Jakarta

Stowe, L., & Johnston, D. (2010).

Throw Your Napkin on the Floor: Authenticity, Culinary Tourism, and

a Pedagogy of the Senses

. Australian Journal of Adult Learning, 52, Number 3.

Zeithaml, V. A., A. Parasuraman dan Berry, L. L. 1999. “Servqual: A Multiple Item Scale for

Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”.

Journal of Retailing . Vol. 64, No. 1.

Downloads

Published

2022-10-01

How to Cite

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. (2022). Al-Maqashid: Journal of Economics and Islamic Business, 2(2), 47-54. https://doi.org/10.55352/maqashid.v2i2.269