PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.55352/maqashid.v2i2.269Keywords:
Service Quality, Customer SatisfactionAbstract Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen secara bersama - sama maupun parsial serta untuk mengetahui indikator dari variabel bebas yang berpengaruh paling dominan terhadap kepu asan konsumen di “Warung Bek Mu 2” Nasi Pecel Khas Lamongan Pantura. Indikator variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah keberwujudan, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati dan variable terikat dalam penelitian ini adalah kepuasan ko nsumen. Penelitian ini dilaksanakan di “Warung Bek Mu 2” Nasi Pecel Khas Lamongan Pantura. Populasi sampel yang digunakan adalah konsumen “Warung Bek Mu 2” Nasi Pecel Khas Lamongan Pantura. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden. Berdasarkan hasil Uji F pada penelitian ini menunjukkan sig. F 0,000<0.05 yang berarti indikator variabel Kualitas Pelayanan yang terdiri dari keberwujudan, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara bersama - sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa indikator variabel Kualitas Pelayanan yang terdiri dari keberwujudan, keandalan, daya tanggap, dan empati secara parsial memili ki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa indikator daya tanggap (X3) memiliki pengaruh yang paling kuat dibandingkan dengan indikator variabel lainnya, maka indikator variabel daya tanggap (X3) mempunyai p engaruh yang dominan terhadap kepuasan konsumen .
Downloads
References
Ahmad, Fandy. 2007.
Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality)
Dalam
Meningkatkan Kepuasan
Konsumen (Studi pada Konsumen Rumah Makan
Maibu
Malang).
Skripsi. Fakultas
Ilmu
Administrasi Universitas
Brawijaya Malang.
Akbar, Muhammad. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi
Pada Pengunjung Wisata
Kampung
Kidz Kota Batu). Skripsi.
Fakultas
Ekonomi dan
Bisnis Universitas Brawijaya Malang.
Bachtiar. (2011). Analisa Faktor
-
Fakt
or yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa dalam Memilih Politeknik Sawunggalih
Aji Purworejo. Dinamika Sosial Ekonomi Vol 7 No. 1.
Damardjati, R.S. (1995). Istilah
-
Istilah Dunia Pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Ermawati, Wahyu Putri. 2010.
Pengaru
h Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah
Makan Saboten Shokudo Malang.
Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
Malang.
Gronroos, C. dan J. Edvardsson. 2001.
Service Management and Marketing:
Managing
the Moment of in
Service Competition
. Lexington: Massachusetts.
Tjiptono, Fandy. 2007.
Strategi Pemasaran
Edisi
Kedua. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Andi
Offset
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra.
Service Quality & Satisfaction
Edisi
ketiga.
Yogy
akarta: Andi Offset.
Kaloh. 2007.
Mencari Bentuk Otonomi Daerah.
Jakarta: Rineka Cipta.
Kotler, Philip. 2009.
Manajemen Pemasaran
Edisi Milenium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok
Gramedia
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012.
Marketing Management.
Edisi
Global Edition.
Pearson Prentice Hall.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012.
Prinsip
-
Prinsip Pemasaran
Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Kristiono, Mardikanto. 2015.
Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.
Jakarta: Gramedia.
Laksana, Fajar. 2008.
Manajemen Pemasaran.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lovelock H, Christopher. 1992.
Managing Service : Marketing, Operations, and Human Resources.
Second Edition. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.
Supranto, J. 2006.
Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan
Untuk Menaikkan Pangsa Pasar.
Jakarta
Stowe, L., & Johnston, D. (2010).
Throw Your Napkin on the Floor: Authenticity, Culinary Tourism, and
a Pedagogy of the Senses
. Australian Journal of Adult Learning, 52, Number 3.
Zeithaml, V. A., A. Parasuraman dan Berry, L. L. 1999. “Servqual: A Multiple Item Scale for
Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”.
Journal of Retailing . Vol. 64, No. 1.
























