PENERAPAN LABEL HALAL DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN DAN PENGEMBANGAN USAHA
DOI:
https://doi.org/10.55352/2ns9d219Keywords:
label halal, pengembangan, peningkatanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan penerapan label halal yang dilakukan UD.Agung Jaya dalam meningkatkan pendapatan dan pengembangan usaha petis udang. Pokok dari masalah penelitian ini adalah pentingnya label halal sebagai jaminan untuk kepercayaan konsumen terhadap produk petis udang yang dipasarkan, memperlihatkan dampak positif sertifikat halal mengalami peningkatan pendapatan. Dengan menerapkan label halal di UD.Agung Jaya juga mendorong inovasi produk baru salah satu nya varian petis udang dengan varian bawang putih, selain mengambangkan produk baru UD.Agung Jaya juga berhasil memperluas jaringan distribusi dari 10 toko menjadi 16 toko. Dengan bertambahnya pendistribusian produk ini juga mudah di jangkau lebih banyak pelanggan.
Downloads
References
Abdussamad, Zuchri. Metode Penelitian Kualitatif. makasar: CV. Syakir Media Press, 2021.
Al-Ghazali, Imam. Rahasia Halal Haram: Hakikat Batin Perintah Dan Larangan Allah. Jakarta: Mizan Pustaka, 2007.
Asfiroh, Ibu. Reseller UD.Agung Jaya. Gresik, 2025.
Azizah, Nur, and Maulida Rizkinnikmatussolihah. “Perkembangan Industri Halal Di Indonesia 1” 1, no. 2 (2022).
Hidayah, Anita, Siti Saroh, and Ratna Hardati. “Analisis Pemasaran Dan Pengembangan Value Added Dengan Pemanfaatan Udang Sebagai Produk Olahan.” UIN Malang Journal 7, no. 3 (2018): Hal 23-28.
Junaidi, bapak bagus. (Pemilik Usaha UD.Agung Jaya). Gresik, 2024.
Kemenag. “Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal. Retrieved from Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal.” Accessed November 19, 2024. http://halal.go.id.
Khuluk, Bapak. Karyawan UD.Agung Jaya. Gresik, 2025.
Kriyantono, Rachmat. Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif Dan Kualitatif Disertai Contoh Praktis Skripsi, Tesis, Dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. rawamangun: Prenadamedia Group, 2020.
Moleong, lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.
PPNP., karya dari tim penulis di. Buku Ajar Metodologi Penelitian. Repository PPNP, 2023.
Qomar, Abdul Aziz. “UMKM Yang Belum Punya Sertifikat Halal Akan Tidak Diperbolehkan Jualan, Di Gresik Baru 10 Ribu Pelaku Yang Kantongi Sertifikat Halal.” Last modified 2024. https://klikjatim.com/umkm-yang-belum-punya-sertifikasi-halal-akan-tidak-diperbolehkan-jualan-di-gresik-baru-10-ribu-pelaku-usaha-yang-kantongi-sertifikat-halal/.
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif,Kombinasi Dan R&D). Edited by Cv Alfabeta. Bandung, 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Layyinah wilda, Niswatun Hasanah, Fatihatus Sahliyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
						 
							
























