STRATEGI PEMASARAN ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK GARAM; STUDI DI PT GARAM SAMUDRA SUNAN DRAJAT
DOI:
https://doi.org/10.55352/maqashid.v2i2.266Keywords:
Strategi pemasaran, strategi pemasaran isalami, PT Samudra Sunan DrajatAbstract
Bagian terpenting dalam penjualan suatu produk adalah pemasaran. Untuk
mencapai tujuannya sebuah perusahaan harus memiliki strategi. Untuk mendapatkan serta
mempertahankan konsumen, sebuah perusahaan harus dapat menjaga kepercayaan
konsumen sehingga melahirkan sebuah citra yang baik dan akahirnya dapat membentuk
kepuasan dan loyalitas konsumen sehingga dapat mempertahankan kinerja perusahaan
secara berkelanjutan. Untuk menjaga kepercayaan konsumen, dibutuhkan strategi
pemasaran yang menerapkan nilai-nilai islami dalam setiap tahapan-tahapan pemasaran dan
pengoprasionalan perusahaan. Strategi pemasaran sangat mempengaruhi bagaimana target
penjualan tercapai. Apakah mengalami peningkatan atau justru stagnasi dan bahkan
mengalmi penurunan omset penjualan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan pendekatan yang bertujuan menganalisis strategi pemasaran islami yang dilakukan
PT samudra Sunan drajat dan mengetahui analisa potensi PT Samudra Sunan Drajat dalam
meningkatkan penjualan produk garam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Tim divisi pemasaran dijadikan responden
dan narasumber dalam menggali informasi bagaiman strategi pemasaran secara islam yang
telah dilakuakan oleh perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukan rategi pemasaran Islam
pada PT Samudra Sunan drajat adalah Mencontoh praktik pemasaran Nabi Muhammad
Saw dengan menggunkan analisa variabel bauran pemasaran dengan sifat Nabi Muhammad
Saw: Produk yang dijual produksi lokal yang berkualitas, Penentuan suatu harga sesuai
dengan kualitas produk, dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan PT. Samudra Sunan
Drajat menerapkan hak Khiyar atau hak pengembalian barang dengan waktu tempo,
Tempat yang sangat nyaman dan sangat strategis hingga mudah dalam melakukan produksi
dan mudah diakses karena berada di daerah pantura, dan mempromosikan produk-produk
menggunakan media sosial seperti Instagram dan Facebook dengan vidio iklan dan Realpict
( gambar asli). Dari hasil penelitian dengan menggunakan analisis SWOT yang ada pada PT
Samudra Sunan drajat, bahwasannya penerapan strategi PT Samudra Sunan drajat memiliki
banyak peluang dan kekuatan sehingga dapat merebut dan memanfaatkan peluang yang ada
sekaligus meminimalkan kelemahan serta mengatasi berbagai ancaman.
Downloads
References
Lexy.J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: PT. Remaja Rosdakarys, 2014.
Saleh, S, Analisis Data Kualitatif, Bandung: Pustaka Ramadhan, 2017.
Daryanto, Manajemen Pemasaran. Sari Kuliah. Bandung : Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, 2011
Siyoto, sandu dan Shodik, MA. Dasar Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Yogyakarta: Literasi Media
Publishing, 2015
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi revisi 4 Jakarta: PT. Rineka
cipta, 2011, 199
Saleh, S, Analisis Data Kualitatif, Bandung: Pustaka Ramadhan, 2017 Freddy Rangkuti, Analisis SWOT
Teknik Membedah Kasus Bisnis, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2006
Natasya, Wanda& Mulyadi, Ahmad Strategi Pemasaran Islami Untuk meningkatkan Penjualan Produk
Muslimah Beuty Care Study Riset di Perusahaan Skincare Muslimah Beuty Care, Jurnal kajian
ekonomi dan Bisnis Islam.
Entaresmen, R. A., & Pertiwi, D. P. (2017). Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Produk Tabungan
Ib Hasanah Di PT. Bank Negara Indonesia Syariah Kantor Cabang Jakarta Barat. Jurnal
Manajemen dan Pemasaran Jasa, 9(1), 53-74.
Purnamasari. S. (2018). Strategi Pemasaran Pegadaian Syariah Dalam Meningkatkan Penjualan Jasa
Produk (Studi Kasus Pada Pegadaian Unit Layanan Syariah Sultan Adam Banjarmasin). At-
Taradhi: Jurnal Studi Ekonomi. 9(1), 25-37.
Huda Nurul, 2018, Pemasaran Syariah: Teori Aplikasi. PT. Prenada Media: Jakarta. Kasmir, 2004,
Pemasaran Bank, Prenada Media: Jakarta.
























